hidup ga bisa ditebak, jadi tetaplah berlari!
(^_^)

Wednesday, February 22, 2012

...karena hidup adalah keputusan :)

Saya lagi cape..

Hehehe, bukan ngeluh. Bukan. Saya ga niat ngeluh, justru bersyukur. Karena penyebab capenya saya itu bukannya ga enak. Justru saya lagi seneng banget. Waktu saya lagi disita sama ngajar, ngajar, dan ngajar. Tapi seru kok. Saya diminta bantuin kelas drama, ngegeber anak-anak privat saya yang ikutan konser, belum lagi ada satu anak baru yang minta diajar matematika tapi ga bisa bahasa Indonesia plus Inggris yang terbata-bata. Kalo dia bisa bahasa Batak masih mending, lah ini mah cuma bisa bahasa Korea! Jiiiaah, mana saya ngerti...

Tiap jam pulang sekolah, saya tinggal lebih lama. Enaknya, sekarang sudah tinggal deket sekolah, jadi pulang lebih lama itu ngga terlalu masalah. Saya bisa ngecek paperworknya anak-anak kelas musik (inilah dilemanya guru; mau ngasih paperwork biar bisa nilai kemajuan murid, eh malah kewalahan sama tumpukan paper yang ngga habis-habis padahal dicek tiap hari...boff!!). Saya bisa pake piano sekolah sampe kuping rusak en tangan pegel. Saya bisa berasa punya kamar segede-gede goblok. Saya ngga perlu buru-buru beres-beres buat ngejar bis sekolah, hehehe...

Lagi pula, menikmati senja di taman sekolah itu seru. Ternyata, ngerumput (istilah yang saya pakai untuk duduk-duduk di sebelah rumput taman) sore-sore lebih asyik dari pada ngerumput pagi-pagi sambil sarapan. Kalo pagi-pagi itu kejarannya naikin mood, kalo sore itu ga pake dikejar mood-nya langsung naek! Suasananya gimana gitu; tenang, tapi ga sepi. Apa lagi pake segelas kopi. Bikin senang hati.

Jadi, begitulah. Saya lagi jadi guru berdedikasi tinggi. *hoek* Putaran hidup saya lagi di situ-situ aja, gaulnya lebih banyak sama murid daripada sama temen-temen sesama guru. Apalagi temen-temen di luar sekolah, wuiiihhh... tambah jarang!

Tapi, hari ini saya mengambil keputusan yang berbeda.
Hidup itu menjadi hidup saat dia dihidupi, betul?
Maka saya mau belajar menikmati hidup. Ngajar itu menyenangkan, membantu itu memuaskan. Bahkan berhasil mencapai target apapun yang saya atau orang lain buat itu rasanya asyik. Hanya saja, hari ini saya mau ambil keputusan yang berbeda. Saya mau melakukan sesuatu yang lain.

Saya pergi ke 'kota'.
Saya masuk mall lagi. (Ya oloh, nen...udah berapa lama udik? -red.)
Saya jalan-jalan di toko buku, menikmati tumpukan-tumpukan buku baru dan menghirup bau kertas yang baru dibuka.
Saya makan makanan kesukaan saya, memilih tempat favorit saya, dan mencari dessert terbaik yang mulut saya mau.
Saya pun membuka si Lappy, masuk ke link game favorit saya belakangan ini, dan main sampai puas.

Saya teringat apa yang sering saya katakan pada diri saya sendiri kala gundah; apa yang sering saya ucapkan pada sahabat-sahabat saya kala mereka lelah; apa yang saya sering tulis di sela mimpi-mimpi yang saya bagikan...
Hidup itu adalah pilihan, dan pilihan membawamu pada keputusan.
Maka hari ini, saya putuskan untuk menikmati hari, menikmati diri dan bersantai sejenak dari padatnya jam mengajar saya belakangan ini.

Lalu, setelah bersandar di sofa biru milik cafe bernuansa blue-sailor, saya melipat tangan, menjulurkan kaki sepanjang-panjangnya (susah begini nih kalo di bis), memasang senyum selebar-lebarnya, sambil main alis naik turun.

Hidup itu indah. Betul.
Dan kemampuan menikmati hidup itu ada diantara kesempatan bersantai di sela-sela padatnya jadwal.


-pepeje; enjoying ME-time bukan versi Icus, teman saya yg lagi rajin MEncuci & MEnyetrika-

ps: What do I get today? Buku baru sampul kerennya Pak Coelhe, perut sakit kekenyangan makan tomyam, mulut puas setelah segelas yoghurt leci, dan sim character saya berhasil menyelesaikan semua tugasnya dengan baik...
Hari ini tidur saya pasti nyenyak... *nyengir*

No comments:

Post a Comment