hidup ga bisa ditebak, jadi tetaplah berlari!
(^_^)

Friday, November 4, 2011

Beras Putih - Beras Merah

Hi, there!

Saya ganti nama. Hehe... Well, sebenernya udah sejak seminggu setelah blog ini pertama kali dibuat, saya sadar saya salah bikin nama blog. Malu-maluin banget ga sih, ngakunya lulusan Sastra Perancis tapi grammar sederhana aja salah. Saya ingat kala itu saya langsung berusaha ganti nama; sayangnya (karena saya gaptek juga kali ya) saya gagal. Saya bisa ganti nama blog tapi ga bisa ganti blog address. Kecewa juga sih, habis cuma gara-gara buru-buru jadinya salah nulis pula.

Sempat kepikiran buat ganti nama blog aja biarpun alamatnya tetep seperti itu, cuma jiwa perfeksionis saya berontak. Masa nama blog sama alamatnya beda? Nanti kalo orang mau nyari blog saya susah dong; dan seribu alasan lainnya... Akhirnya saya yang perfeksionis ini pun memutuskan jika saya tidak bisa bikin perfectly right,  ya sudah saya buat saya perfectly wrong! Hahaha...

Itulah kenapa nama blog saya Fête de la Rêve. Padahal, dari jaman kuda masih pada gigit batu, rêve atau mimpi itu harusnya maskulin (pake artikel -le, yang kalau digabung dengan -de berubah menjadi -du). Yang saya lakukan adalah mem-feminin-kan si rêve ini dengan memakai artikel -la. Sekian lama saya keukeuh sama the perfect mistake ini; saya berkeyakinan begini, "Kan saya cewek, jadi saya anggep si rêve ini cewek seperti saya. Maka Fête de la Rêve bukanlah suatu kesalahan; itu hanya feminifikasi* saja..."
Hahahahaha...sedikit maksa memang. Tapi seperti saya bilang, saya ini perfeksionis tingkat akut. Kalau ganti satu ya ganti semua, kalau ga bisa diganti ya cari saja pembenarannya... (yang terakhir ini terdengar seperti politisi, hm...)

Temen baik saya pernah protes, dan saya mengajukan ide feminifikasi itu; dia menerimanya dengan baik. Lalu seorang teman saya, orang Makedonia yang tinggal di Amerika, akhirnya ikutan protes. Saya ga bisa bilang alasannya adalah feminifikasi, nanti ditanya pula sejak kapan ada istilah feminifikasi. Masa saya mau jawab sejak saya salah bikin nama blog? Saya pun bilang kalau saya sudah sadar itu salah dari awal dibuat, tapi karena ga bisa ganti alamat blognya, saya pun ga mau ganti nama.

Sekarang ini, saya kenal dengan satu blogger, cewek berambut sama kriwilnya dengan saya dan tinggal di Perancis. Beliau ini pun ikut protes sama judul blog yang terpampang besar-besar tapi salah. Hahahaha... Saya udah cerita sama dia kenapa saya keukeuh pake nama yang salah. Tapi, semaleman saya kepikiran terus. Udah tahu salah, kok ya dipertahankan cuma demi sebuah perfeksionisme?
Saya pun menyerah...

Jadi, saya berkeputusan untuk mengganti nama blog saya, walaupun ga bisa ganti alamat blog. Saya buka blog, cari setting, dan ambil napas dalam-dalam sebelum menulis nama blog baru. Sukses. Lalu, dengan muka sedih saya lihatin bagian blog address. Dan saya bengong! Eh, ternyata di-setting-an yang sekarang bisa diganti juga alamatnya! (atau emang beneran selama ini saya yang dodol?) Hahahaha, tanpa ba-bi-bu, saya ganti nama plus alamat blog saya. HORE!!

So, guys/gurls, nama blog saya udah ganti ya. Dia bukan lagi Pesta Mimpi (Fête de la Rêve) yang di-feminifikasi-kan; kali ini dia adalah Pesta-Pesta Mimpi (Fête des Rêves) selayaknya memang mimpi yang nyata senyata-nyatanya ada di dunia; bukan mimpi buatan saya yang sekedar ada cuma karena saya ngga mau berubah dari kesalahan.

Well, berubah itu ga sesulit yang saya pikirkan; dan tidak sempurna itu ga serumit yang saya khawatirkan. Biasanya, hal-hal baik justru datang saat kita mau berubah jadi lebih baik. Buktinya, waktu saya niat berubah dari kesalahan gramatikal yang sudah 2 tahun saya lakukan, saya bisa ganti nama blog berikut alamat blognya, hehe... Apakah ini pembenaran lain akan kesalahan masa lalu? Mana saya tahu, yang pasti nama blog saya udah ganti! Diingat baik-baik ya...


-Malam hari di Gudang Mimpi, tepat di bawah bukit-

*temennya personifikasi.

3 comments:

  1. Selamat ya! lebih enak nih dimata hihi. btw, perfeksionis hal bagus tapi berani melakukan perubahan juga hal yg penting. Tanpa ada perubahan, kita sulit membuat kemajuan. ya ndak thooo ... Maju terus kriwil!! Kriwil is the best! *apa-sih*

    ReplyDelete
  2. btw, saya menunggu postingan kriwil yang satu... *wink*

    ReplyDelete