hidup ga bisa ditebak, jadi tetaplah berlari!
(^_^)

Monday, May 15, 2017

Dua Hari Sebelum Hujan

Hidup adalah perjalanan, dan perjalanan adalah pembelajaran.

Nama saya Yusni; saya masih kriwil, doyan jalan, makan banyak dan hobi tidur. Bedanya, sekarang saya punya anak dan merasakan efek kehamilan yang katanya mengurangi ukuran otak 50% buat dibagi ke jabang bayi. Bayangkan betapa tambah kecilnya otak kacang saya... Biasanya segede kacang tanah, sekarang bisa keliatan kaya kacang ijo pun udah syukur.

Tapi lucu loh, penyusutan ukuran otak ini tidak lantas bikin mimpi dan hobi saya berubah. Kaki saya masih sering gatel kalau liat hari libur panjang dikit, atau kalau liat pantai cantik, atau kalau liat tempat baru. Entahlah, mungkin memang benar kalau passion itu kadang tidak berbanding lurus dengan otak. Saya masih susah mematikan keinginan kaki untuk menginjak tempat baru. Sampai kadang saya ngga tega sama suami saya yang ngga doyan jalan tapi kudu ikut jalan kalau ada warna merah di tanggalan.

Well, don't blame my passion. Manusia kan memang dasarnya berbeda; mungkin saja memang waktu Tuhan dulu bagi-bagi jatah kaki, saya tiba-tiba bangun paling pagi dan dapet urutan lumayan depan, jadi saya dapet jatah kaki aktif plus cepet jamuran kalau ngga sering-sering dipake jalan. Kenapa cewe bolor macam saya bisa bangun pagi? Mungkin saja karena saya udah telat mulu pas pembagian jatah rambut (makanya dapet yg wiwilnya seruwet otak) dan pembagian jatah otak (makanya cuma dapet segede kacang). Saking takut telat lagi, jadinya kepagian. Bisa jadi, kan?

Tapi serius deh, serius saya tidak menyesal jadi saya. Saya memang pernah menyesal kenapa rambut saya kok ruwet banget macam baca GPS di Mexico yang satu jalur keliatannya biru semua tapi pas dijalanin ternyata jalannya ada 4 tingkat trus bingung harus ambil jalan yang mana. Habis dulu kan mama saya kaya pingin banget punya anak cewe cantik dengan gaya berkelas plus manner ngga malu-maluin. Lah ini, udah susah pake rok, rambut kok makin panjang malah makin naik bukannya turun. Disisir pun ga rapi-rapi. Sampai niat pisan nge-bonding rambut anaknya. Walhasil, rontok. Hahahahaha..
Sisi positifnya, yah rambut jagur saya udah ngga jagur lagi. Sisanya tinggal wiwil doang.

Udah, itu doang. Selebihnya saya ngga nyesel. Saya ga nyesel kok otak kacang saya ruwet seruwet jagur saya dulu, soalnya si kacang ini sudah bikin saya sadar bahwa hidup lebih berharga dari sekedar tumbuh besar jangan lupa sekolah tinggi-tinggi dengan nilai bagus biar dianggep pinter lalu menikah dengan siapapun sasarannya, asalkan nikah dan punya anak sambil jangan lupa rajin-rajin nabung biar bisa kaya dan senang-senang. Saya ngga nyesel saya punya mimpi yang 'sedikit' berbeda dengan kebanyakan orang. Saya ngga nyesel kalau saya ini ya saya.
Karena memang saya suka belajar dari berjalan, jadi kebetulan bangun pagi pas pembagian jatah kaki itu benar-benar keuntungan buat saya.
Well, mogaan ngga bikin kebuntungan buat suami saya yah, hehe..

Saya pernah bermimpi, kalau nanti saya punya anak, saya mau ajar dia kalau belajar itu tak hanya lewat duduk manis di sekolah. Makanya saya niat banget buat jalan-jalan sama anak. Saya mau dia juga merasakan kalau hidup itu suatu perjalanan dan tiap manusia mempunyai jalannya masing-masing. Bersinggungan pastinya, tapi harus belajar tidak menyakiti. Saya mau dia belajar bahwa pengalaman adalah guru paling baik dan nilai paling tinggi yang bisa manusia dapatkan. Saya mau dia mengerti bahwa dunia itu luas, ragam, dan tidak bisa dikotak-kotakkan; jadi hirup, serap dan nikmatilah. Saya mau dia belajar menjadi dirinya sendiri yang pasti berbeda dari jutaan manusia lain.

Tapi jujur yah, faktanya having a baby is crazy. Hahaha! Saya salut sama traveler-traveler yang berani bawa bayi. Mak! Saya cuma jalan-jalan keluar kota sama suami saja rempongnya ngga ketulungan. Beneran ngarep punya Doraemon biar bisa pake pintu kemana saja, jadi ga perlu bawa ini itu kan.. Butuh apa-apa tinggal buka pintu balik ke rumah.

Tapi, walaupun saya tahu ini bakalan rempong to the max, terlarang banget menolak kesempatan buat jalan ke tempat baru; soalnya si kesempatan tuh perasa banget. Sekali ditolak, doa jarang mau balik lagi. Jadi, mumpung suami saya dapat tugas ke negeri Doraemon, dan entah kenapa dia niat banget saya harus ikut, ya sudah saya ikut. Well, setidaknya saya ngga sendirian sama baby Aimée doang di pesawat, walaupun sudah dipastikan saya akan jalan-jalan tanpa dia selama disana..

Yah, kali aja kan beneran ketemu Doraemon. Dia pasti mau tinggal sama saya, kan saya mirip Nobita..

-si kriwil yang udah ngga bisa lagi ngepak 10 menit sebelum berangkat-

No comments:

Post a Comment